Striker


Luca Toni - World Cup 2006


Striker posisi paling depan dalam sebuah Tim yang berguna sebagai penentu hasil akhir sebuah pertandingan. sesosok yang menjadi musuh utama seorang penjaga gawang ini memiliki tugas mencetak gol. dalam sebuah pertandingan seorang pemain depan atau striker biasanya terus mencari celah dari barisan pertahanan lawan. pemain yang memiliki naluri tinggi untuk melepaskan diri dari penjagaan lawan adalah pemain yang memiliki kemungkinan mencetak gol lebih tinggi. menunggu dan mencari adalah tugas utama seorang Penyerang. menunggu teman untuk memberikan bola dan mencari ruang untuk di berikan bola.

Penyerang memiliki jenis yang berbeda-beda. ada Penyerang yang hanya menunggu di berikan bola, penyerang yang mencari bola, penyerang yang hanya mencari ruang kosong untuk menerima bola. setiap striker harus memiliki timing yang tinggi dan sense yang tepat agar bisa lolos dari jebakan offside yang di buat oleh barisan pertahanan lawan. bagaikan setipis benang yang harus di buat oleh seorang striker agar mampu lepas dari jebakan offside sehingga membuat bingung barisan pertahan lawan.

Striker dengan tipe menunggu adalah striker yang harus memiliki naluri penyelesaian yang tinggi karena tugasnya "hanyalah" melakukan sentuhan akhir dari kerjasama tim. tidak perlu memiliki kecepatan namun naluri tinggi dalam menendang bola. striker tipe seperti ini harus memiliki sokongan barisan kedua yang maksimal. Ia hanya perlu mencari ruang kosong pertahanan lawan dan menerima bola kemudian mencari celah dari penjaga gawang. striker tipe seperti ini antara lain Luca Toni, Ruud van Nistelrooy, Filipo Inzaghi.

Striker tipe mencari bola adalah striker yang harus memiliki skill individual tinggi dan memiliki kecepatan di atas striker biasanya. dia harus bisa mendribble bola dari barisan tengah menuju daerah pertahanan lawan. striker tipe seperti tak perlu khawatir jika aliran bola dari lini kedua macet karena ia dapat dengan sendiri mencari bola dari lini kedua. pemain seperti ini dapat diandalkan untuk mendobrak lini pertahanan lawan sendirian tanpa sokongan lini kedua yang mumpuni. striker tipe seperti ini antara lain Thiery Henry, Wayne Rooney, Lukas Podolski.

Tugas seorang striker tak harus mencetak gol ia juga dapat membuat peluang untuk rekan nya. ia bisa hanya melakukan decoy run untuk mengecoh konsentrasi lawan. dan seorang striker juga memiliki kemampuan untuk melihat suatu celah untuk mencetak gol yaitu goal front sanctuary.



Don't visualise beating the Keeper but visualise Destroying the keeper -Gerrard-

Only when you have a true feel for the ball can you truly make it do what you want -Kaka-

Give the opposition more than one reason to stare at your feet -Messi-

2 komentar:

  1. Ghazi Binarandi mengatakan...

    nulisnya kayak orang jerman aja..  

  2. Adhamaski Pangeran mengatakan...

    waduh! gw ini tipikal striker seperti ruudje yaa, hehe
    eh terus striker kayak thierry henry dan eto'o apa dongs?