KIPER


Gianluigi "gigi" Buffon - World Cup 2006.

Seorang kiper pasti dan tak pernah terlupakan dalam sebuah tim sepakbola. pertahanan terakhir dari sebuah tim sepakbola ini yang terkadang di sanjung bak dewa namun juga tak jarang menjadi Kambing hitam. posisi yang hanya segelintir orang ingin menjadi seperti gigi Buffon. seorang Kiper atau Penjaga gawang terkadang berasal bukan langsung menjadi seorang kiper melainkan menjadi pemain dahulu seperti Petr Cech.

Kiper adalah pemain paling spesial karena ia memiliki daerah untuk menggunakan tangannya tempat yang tidak dimiliki pemain lain dalam lapangan sepakbola. kotak dengan setengah lingkaran di depannya yang hanya ada dua di setiap lapangan sepak bola itulah "rumah" bagi seorang kiper. diluar itu ia hanya menjadi pemain biasa tidak spesial lagi. Kiper juga memiliki keuntungan di banding pemain lain ia terkesan mendapat perlindungan lebih dari "korps Baju Hitam" sedikit saja ia disenggol seorang pemain lawan. pemain lawan bisa mendapatkan kartu kunig. seorang pemain spesial yang jarang di hargai mahal oleh sebuah klub sepakbola padahal ia sangat berpengaruh bagi hasil akhir sebuah pertandingan.

Ia juga tak jarang memegang peran ganda sebagai seorang kapten seperti Oliver Kahn. memiliki kepemimpinan yang tampak tak biasa karena ia hanya berdiri di depan gawang bukan seperti di sebuah pertandingan. namun kita bisa melihat dari beberapa Kiper sekaligus "Pangeran" tim yang berhasil seperti Oliver Khan dan Jose Luis Chilavert.

seorang Kiper juga tidak jarang mencetak gol. nama Jose Luis Chilavert sudah tidak asing lagi. Penjaga gawang asal Paraguay ini adalah salah satu Kiper pencetak gol yang tercatat oleh FIFA. Kiper sau paulo Rogerio ceni asal Brazil menjadi Kiper Pencetak Gol Terbanyak yaitu 349 gol. Ceni biasa mencetak gol dari titik putih ataupun eksekusi bola mati. banyak juga kiper-kiper lain yang sering mencetak gol namun anehnya mengapa mereka semua berasal dari benua amerika. misalnya Rogerio Ceni (Brazil), Jose Luis Chilavert (paraguay), Jorge Campos (Mexico), dan Rene Higuita (Kolombia). beberapa musim lalu dalam perhelatan liga inggris kiper tim nasional Inggris dan kiper utama Tottenham hotspurs Paul Robinson bisa menakklukkan kiper watford saat itu Ben Foster dari eksekusi bola mati dari depan kotak penalti Paul Robinson. ia juga pernah meyelamatkan klub nya dari kekalahan ketika menjebol gawang lawan dengan sundulan.


seorang kiper adalah pemain paling istimewa dalam sebuah klub sepakbola....




3 komentar:

  1. Anonim mengatakan...

    kiper kalo disentuh sedikit memang bisa jadi pelanggaran

    tapi kiper malah lebih gampang dpt kartu merah kalo nyentuh kaki pemain yg lg bawa bola  

  2. Ghazi Binarandi mengatakan...

    kiper pemain yg paling banyak makan gaji buta, terutama cadangannya.. gila main jarang, cuma ikut latihan doang!  

  3. GumiLiaNo mengatakan...

    anggara makannya gw sebut kiper kadang menjadi "kambing hitam"......................