Defender


Paolo Maldini - AC Milan Captain and Defender.

Defender atau lebih sering disebut Bek oleh orang Indonesia. seseorang yang mengawal bagian belakang pertahanan sebuah Tim. Seseorang yang di perintah kan untuk menjaga lawan dan melindungi gawang agar tidak kebobolan. pasangan serasi Kiper ini juga biasanya memegang ban Kapten. seperti Maldini, Cannavaro, Terry, Gallas dan masih banyak lagi.

Defender dibagi menjadi dua yaitu Centre Back atau Bek tengah dan Side Back atau Bek sayap. kedua posisi ini dalam sebuah tim memiliki guna yang berbeda. seorang Bek Tengah yang dipasang dalam komposisi 4 bek sejajar atau Flat bermain secara sepasang yang satu melakukan tekanan atau Challenge dan satu lagi melakukan Cover. ini adalah inti dari bertahan yang biasanya digunakan dalam sebuah Klub dengan sistem dua Bek Tengah. Bek sayap yang dikanan maupun di kiri berguna dalam hal bertahan ketika sedang corner kick dan berguna untuk menyerang sebagai pelapis dari kedua sayap. kedua bek sayap biasanya akan maju membantu penyerangan jika para pemain sayap sudah tidak lagi mampu memberikan terobosan atau crossing untuk pemain penyerang.

walaupun di dalam sebuah tim sudah memiliki kapten biasanya para pemain belakang juga memiliki "jendral" atau kapten yang memberikan perintah kepada pemain bek lain. misalnya ketika diserang untuk menerapkan jebakan offside atau offside trap setiap pemain belakang biasanya mendengarkan aba-aba dari seorang pemain belakang yang di tunjuk oleh pelatih sebagai leader. oleh karena itu biasanya dalam sebuah tim ada saja pemain belakang yang sudah berusia uzur. biasanay seorang bek tengah dipasangkan antara yang lebih muda dengan yang sudah berpengalaman. kita lihat contohnya pada tim LIVERPOOL FC pemain bek tengah memasangkan antara Jamie Carragher dengan Martin Skrtel atau Daniel Agger. Manchester United memasangkan Rio Ferdinand dan Nemanja Vidic. pemain yang lebih muda biasanya melakukan Challenge dan yang lebih tua melakuan Cover. mungkin terdengar mudah namun untuk melakukannya keduannya harus bisa salaing menyesuaikan nafas dan mempertahankan balance.

di negara Italia Il Defensore sangat penting dalam timnas italia karena mereka adalah pencetus sekaligus yang menggunakan sistem permainan klasik ala Italia yaitu Cattenaccio. sistem ini adalah sistem dimana italia pada dahulu kala hanya mencetak satu gol dan mempertahankan hingga peluit panjang dibunyikan. namun akhir-akhir ini timnas Italia sudah meninggalkan cara bermain seperti ini karena dinilai tidak efektif.


ada tiga aturan dasar untuk menjadi seorang Defender ....
1. Jangan biarkan titik berat badan berada di depan.
2. Jangan menjulurkan kaki.
3. Jangan menerjang.


Tembok terakhir dari sebuah tim adalah seorang kiper namun tanpa hadirnya seorang DEFENDER seorang Kiper sehebat apapun tak bisa berbuat apa-apa............


sekian,


GumiLiaNo 7

4 komentar:

  1. Anonim mengatakan...

    kebanyakan titik  

  2. GumiLiaNo mengatakan...

    hahahahah kan cuma di judul aja gar..............................................  

  3. Ghazi Binarandi mengatakan...

    trus aja sampe striker..  

  4. GumiLiaNo mengatakan...

    karena itulah tujuan gw membuat blog ini lebih ingin menulis yang berhubungan dengan sepak bola. setelah selesai... kita lihat apa yang akan terjadi...