Middlefielder


Steven Gerrard - LIVERPOOL vs EVERTON


Middlefielder, dari namanya saja kita sudah dapat mengetahui bahwa dia pasti berada di lapangan tengah setiap pertandingan. posisi yang berada di antara Defender dan Striker ini adalah posisi yang sangat vital dalam sebuah klub sepakbola. dari posisi inilah awal mula menghentikan serangan lawan juga awal mula membangun sebuah serangan.

Dalam sebuah Klub di posisi inilah biasanya di tempati talenta-talenta berbakat. banyak talenta bermunculan di posisi ini, kita lihat saja di ARSENAL ada Francesc Fabregas, di Manchester United ada Cristiano Ronaldo, di LIVERPOOL ada Steven Gerrard.

Posisi paling vital ini memiliki tiga posisi utama yaitu Attacking Middlefielder, Defensive Middlefielder, dan Winger. dari pembagian posisi ini saja sudah jelas terdapat banyak sekali jenis atau tipe seorang Middlefielder. titik awal sebuah taktik ditentukan oleh para gelandangnya. jika para gelandang mampu meng-cover pertahanan dengan baik ataupun penyerangan sebuah tim dapat dikatakan telah mamiliki peluang untuk menang lebih besar.

Attacking Middlefielder di posisi inilah biasanya seorang gelandang membantu striker dalam mencetak gol, entah itu memberikan assist atau mencetak gol itu sendiri. gelandang serang sering disebut juga sebagai Second Striker. Jika dalam sebuah tim para Penyerang sudah kehabisan tenaga biasanya gol-gol banyak tercipta dari lini kedua ini. kita lihat Kaka di AC MILAN ia memegang peranan sangat penting di AC MILAN sebagai seorang trequarista atau gelandang serang. Kaka acap kali membantu timnya dalam meraih kemenangan. seorang Gelandang serang dituntut memiliki skill yang komplet sebagai seorang pesepak bola dari mulai tendangan jarak jauh yang akurat, dan juga skill mengecoh lawan yang mumpuni, karena di posisi inilah seorang pemain sepak bola di tuntut terus aktif dalam 90 menit pertandingan. Tak jarang seorang pemain di posisi ini sering berpindah menjadi seorang striker murni. Seperti sekarang yang dilakoni oleh Francesco Totti di AS ROMA.

Defensive Middlefielder posisi ini tentu setiap pemain dituntut memiliki stamina ganda, karena dalam sebuah pertandingan biasanya pemain inilah yang di tuntut untuk terus mengejar bola. sering juga terdapat istilah "kuli pengangkut air" yang menggambarkan bagaimana para pemain di posisi ini harus bermain. seorang Defensive middlefielder berguna untuk menghentikan pola serangan dari lawan untuk mempermudah kerja seorang defender. tak jarang pemain di posisi ini juga acap kali melakukan segal cara untuk menghentikan serangan lawan, oleh karena itu banyak pemin di posisi ini yang mengantongi perolehan kartu paling banyak. kita lihat saja Gennaro "rino" Gattuso, Javier Mascherano, Mathieu Flamini.

Winger posisi dimana seorang pemain dituntut memiliki kecepatan dan kecerdikan. pada posisi penyisir sisi lapangan ini lah seorang pemain dengan kecepatan tinggi berada. di posisi ini seorang pemain mampu berakselerasi tinggi karena biasanya di sisi lapangan adalah tempat yang ideal untuk "sang pelari" . para pemain di posisi ini biasanya memilih nomor 7 entah siap yang memulai. namun tak jarang pula di posisi ini dituntut memiliki crossing bagus yang dapat memudahkan kerja seorang striker dalam mencetak gol, seperti David Beckham. namun tidak jarang dari posisi inilah justru sebuah tim menggantungkan raihan golnya. seperti Manchester United dimana seorang Cristiano Ronaldo raihan gol yang di perolehnya telah melebihi gol yang di peroleh striker klub tersebut. beberapa aksi brilian juga sering diperlihatkan pemain dalam posisi ini dimana mereka melakukan feint untuk melewati lawan. dan juga trik-trik gocekan kaki seperti step over.


bagaikan benang yang menghubungkan sesuatu...
bagaikan jembatan yang mempermudah kita menyebrang...

menghubungkan antara lini Belakang dan lini Depan adalah pekerjaan mereka...
penghubung semua lini dalam sebuah tim...

seorang Middlefielder penentu jalannya sebuah pertandingan...

1 komentar:

  1. Ghazi Binarandi mengatakan...

    ronaldo paling gokil lah!